Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 10
Pengunjung Bulan ini : 13
Total Pengunjung : 694

Antisipasi COVID 19, Pemerintah Desa Tungka Membagikan Ribuan Masker secara Gratis.

Tanggal : 22 Apr 2020 06:18 Wib



Berbagai langkah dilakukan pemerintah untuk melindungi warganya dari Covid-19. Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Tungka, Kecamatan Enrekang, Kamis (27/3/2020). Selain membagikan Ribuan Masker Gratis ke Masyarakat, Pemerintah Desa Tungka juga melakukan penyemprotan disinfektan dan melibatkan unsur Masyarakat setempat, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta menyediakan tempat cuci tangan, pihaknya  juga membagikan APD berupa Jas Hujan & Kos Tangan Pelastik gratis untuk 4 Posko Penjagaan yang ada diDesa tersebut.

Takbir, S.Pd.I, Kepala Desa Tungka mengungkapkan, pembagian ribuan masker ini dilakukan secara door to door kepada warga. Tak hanya membagikan masker saja, pihaknya bersama Bidan desa, BPD, perangkat desa, Babinsa dan Babinkamtibnas juga melakukan sosialisasi terkait Covid-19, dan menghimbau kepada warga untuk selalu menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah.

“Satu rumah kita bagikan masker sesuai KK, kita juga lakukan sosialisasi terkait dengan covid-19, serta menghimbau masyarakat untuk tidak berpergian keluar kota dahulu, kecuali kalau benar-benar penting, dengan catatan melapor ke Pemerintah Desa setempat, selain dari Program itu Pemerintah Desa Tungka juga menghimbau kepada seluruh Masyarakat bahwa jika ada warga, anak atau sanad keluarga yang berada diluar daerah dan hendak kembali ke Desa agar ditangguhkan dulu, kalaupun itu terpaksa harus pulang kampung harus mengikuti Program Pemerintah dengan cara isolasi mandiri selama 14 hari. Dan Pemerintahpun siap memberilkan Bantuan pokok jika ada warga kami yang harus di isolasikan karna sudah banyak yang menjalani masa isolasi tersebut,” ungkapnya.

Takbir juga menjelaskan, memerangi wabah covid-19 ini merupakan tanggung jawab bersama, tidak hanya petugas kesehatan saja. Ia berharap dengan adanya beberapa langkah yang sudah dilakukan Pemerintah Desa Tungka ini bisa ikut mencegah penyebaran covid-19 di Kabupaten Enrekang Khususnya di Desa Tungka.

“Kami sudah mendirikan 4 (Empat) Posko Penjagaan untuk mengantisipasi adanya pendatang dari luar semoga covid-19 ini tidak masuk ke desa kami,” jelasnya.

Sementara itu Jasmawati, warga Dusun Galung Desa Tungka mengucapkan terima kasih telah dibagikan masker gratis oleh Pemerintah Desa Tungka, tak hanya itu ia juga menjadi tahu akan covid-19 karena adanya sosialisasi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa.“Sejak awal masuknya Covid 19, Takbir (Kepala Desa Tungka) beserta perangkat dan petugas yang lain dengan tegap mengambil kebijakan dengan cara memberikan edukasi dini kepada  masyarakat terkait dengan upaya memutus rantai penyebaran Covid 19, keliling rumah-rumah untuk membagikan masker dan sosialisasi terkait dengan covid-19 ini, saya berterima kasih kepada Pemerintah Desa Tungka yang telah peduli kepada warganya,” pungkasnya. (Rezha Hatta)


Kegiatan Desa Lainnya

SOSIALISASI DAN INPUT DATA DESA ONLINE 2018

Tanggal : 17 Apr 2018 07:04 Wib

SOSIALISASI DAN INPUT DATA DESA ONLINE 2018